Wisata Alam

Pulau Koaba , Destinasi Wisata Alam Memukau di NTT

Pulau Koaba
Source : ig-wandarlust

Pulau Koaba di provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan tempat eksotis dan misterius yang banyak menarik wisatawan mancanegara. Ini adalah surga bagi pecinta alam, dengan keanekaragaman hayati yang luas. Banyak yang bermimpi menciptakan surga serupa di dasar laut, atau di udara.

Manggarai Barat juga berisi deretan wisata eksotis salah satunya adalah Pulau Koaba atau Pulau Kalong yang terletak di dekat Taman Nasional Komodo. Pulau ini terdaftar sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia dan merupakan rumah bagi kelelawar besar atau kelelawar pemanjat pohon. Wisata penting lainnya di Manggarai Barat adalah wisata Komodo Dragon, yang menampilkan habitat alami Komodo Dragon.

Pulau Koaba
Source : Tripadvisor.co.id

Lokasi Pulau Koaba Yang Mudah Dikunjungi 

Wisatawan yang bepergian ke pulau itu dengan pesawat harus berhenti di Denpasar atau bandara terdekat saat berangkat. Atau, mereka dapat melakukan perjalanan dengan pesawat dan mendarat di tempat tujuan. Saat bepergian dengan pesawat, pengunjung dapat memilih untuk turun di Pantai Kuta atau Sanur sebelum tiba di pulau. Atau, mereka dapat berangkat dari kawasan hutan Mbeliling Kabupaten Manggarai dan tiba di pulau itu melalui Labuan Bajo dan Jawa Tengah. Pilihan ini memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan eksotis begitu tiba di Labuan Bajo, Indonesia.

Dari Bali, Kalian akan menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam dengan kapal ferry jarak jauh menuju Nusa Tenggara Timur.  Dari sana, naik bus umum ke pelabuhan Labuan Bajo lalu naik speedboat atau kano ke Pulau Koaba. Kalian juga bisa menempuh jarak 8 kilometer dengan air dalam 1 jam. Biaya masuk adalah 70.000 Р80.000 Rupiah. Diperlukan tempat yang aman untuk menjelajahi pulau dengan kano. Jika kalian ingin membayar lebih sedikit, pertimbangkan untuk menjelajahi pulau sendiri. Daerah ini dikenal dengan hutan lebat dan predator seperti ular piton. Cara paling terjangkau untuk berkeliling pulau adalah dengan pemandu tersedia paket menginap semalam dengan banderol harga Rp 1 juta hingga 3 juta.

Pulau Koaba
Source : Tripadvisor.co.id

Tempat Habitat Kelelawar

Berbagai jenis kelelawar hidup di pulau kecil ini yang ditumbuhi tumbuhan lebat dan dikelilingi air laut. Mereka bertengger di pohon pada siang hari dan terbang dari pohon ke pohon pada malam hari untuk berburu. Tempat ini adalah rumah bagi ribuan kelelawar, sehingga sulit untuk bertemu orang baru. Namun, banyak pengunjung yang menganggap gaya hidup nokturnal sulit dinavigasi. Namun, seseorang dapat mencoba untuk bertemu pada jam 5 sore. Selain itu, situs ini adalah rumah bagi banyak ular piton berukuran besar.

Spot Terbaik Untuk Diving dan Snorkeling

Olahraga air ekstrim seperti snorkeling dan menyelam sangat populer karena memungkinkan orang melihat ribuan kelelawar di dalam air. Orang-orang yang mengunjungi wisata ini juga menyewa topeng, sirip, pelampung, dan silinder untuk tangki udara. Selain itu, mereka dapat menyewa pakaian renang dan tangki oksigen. Manajer wisata di dekat pelabuhan tahu bahwa olahraga ekstrem ini populer itulah sebabnya mereka memastikan persediaan tersedia.

Ubur-ubur Penghuni Habitat Perairan.

Di Pulau Mangiatan terdapat hutan tropis dengan berbagai burung yang berkembang biak di ubur-ubur dan beberapa spesies burung yang menghuni langit. Kalian bisa menemukan hewan ini dengan mudah karena bisa ditemukan di seluruh pulau Flores.

Pulau Koaba merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan.  Ini adalah pilihan terbaik untuk melihat secara langsung kebesaran Tuhan termasuk keanekaragaman budaya, keindahan alam, dan pesona bahari di Indonesia. Dan itu satu-satunya tempat untuk melihat atraksi wisata alam Labuan Bajo yang menakjubkan.