Makanan

4 Makanan Khas Bantul

4 Makanan Khas Bantul

Halooo guys sobat mimin semuaaa. Apa kabar nih? Mimin hari ini seneng banget karena udah puas eksplor kota-kota di Jawa Tengah, sekarang kita lanjut ke Yogyakarya! Untuk destinasi mimin pertama adalah kota Bantul karena mimin pengen main ke pantai Parangtritis. Duhhh, ga sabar banget pengen ngeliat sunset ditemani dengan deburan ombak dan pemandangan pantai. Tapi sebelum mimin healing ke pantai, ada baiknya mimin isi perut dulu karena mimin udah laper nih daritadi. Penasaran makanan khas Yogyakarta apa aja yang mimin santap hari ini? Yuk, ikutin mimin terus ya!

1 . Kue Adrem

k

Lagi cari-cari referensi makanan khas Bantul eh, ketemu sama penjual Kue Adrem di pinggir jalan. Kue ini adalah kue khas Bantul yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Mimin penasaran pengen nyobain karena mimin liat kue yang digoreng tuh banyak yang baru diangkat dan masih pada hangat, jadi mimin tergiur. Rasanya saat digigit manis dan legit guys, cocok banget buat dijadikan pendamping teh atau kopi. Untuk harga per buahnya hanya seribu aja guys. Kalian wajib coba kue ini kalau berkunjung ke Kabupaten Bantul ya karena selain murah, kue ini juga sangat nikmat!

2 . Bakmi Pentil

bakmi pentil

Eh, kelar nyobain Kue Adrem, ketemu lagi sama penjual mie yang katanya khas kota ini juga guys, namanya Bakmi Pentil. Kenapa dinamakan Mie Pentil? Kata yang jual sih karena mie nya serupa dengan pentil atau sejenis karet. Mie Pentil warnanya kuning dan putih dengan tekstur kenyal guys. Topping dari mie ini adalah bawang goreng dan sambal. Sesimple itu guys tapi rasanya beuh jangan ditanya. Gurih, manis, asin dan pedas bercampur menjadi satu. Harganya juga terjangkau guys, satu porsinya kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 5ribu saja. Jangan lupa cobain ya guys kalau datang ke daerah ini!

3 . Gudeg Manggar

gudeg manggar

Akhirnya, setelah mencicipi cemilan-cemilan khas kota Bantul, mimin ketemu Gudeg yang jadi primadona hari ini. Namanya adalah Gudeg Manggar. Bedanya gudeg ini dengan gudeg pada umumnya adalah gudeg ini menggunakan bunga kelapa yang masih muda, sedangkan gudeg pada umumnya menggunakan nangka muda atau gori. Untuk topping gudeg ini ada telur asin, ati, suwiran ayam, tempe dan cabe rawit. Rasa dari gudeg ini ga perlu dipertanyakan lagi guys. Udah jelas maknyos! Mimin aja sampe tambah nasi kok. Jadi, kalian jangan ragu buat cobain Gudeg Manggar kalau berkunjung ke Bantul ya!

4 . Sate Kronyos

sate kronyos

Terakhir sebagai kuliner akhir dari perjalanan mimin di Bantul, mimin mencicipi kuliner yang namanya Sate Kronyos. Yang unik dari sate ini adalah penggunaan daging sapi dari bagian dada bawah sapi yang pastinya lebih lemak guys. Lalu, dicampur dengan bumbu-bumbu dan dihidangkan dengan lontong sayur dan perkedel atau gorengan. Rasanya sangat nikmat guys. Dagingnya yang bercita rasa rempah, lembut dengan guyuran kuah lontong sayurnya merupakan perpaduan yang saling melengkapi. Untuk harganya juga sangat terjangkau, sate nya per tusuk hanya seribu guys, untuk lontong sayur nya 5 ribu. Kalian juga bisa memilih daging satenya, ga hanya sapi doang guys, sesuai apa yang jadi selera kalian. Wajib buat dicoba jika jalan-jalan ke Bantul ya guys!