Wisata Alam

Pesona Air Terjun Coban Sewu Yang Indah dan Mistis

Kota Malang semakin dikenal sebagai destinasi para wisatawan, ada beberapa tempat wisata seperti air terjun coban sewu yang tersedia, termasuk buatan manusia, sejarah, dan budaya. Berbicara tentang tempat wisata alam, Kota Malang memiliki air terjun yang merupakan daya tarik gunung yang umum.

Pesona Air Terjun Coban Sewu Yang Indah dan Mistis
Foto: instagram

Air terjun coban sewu merupakan salah satu objek wisata air terjun. Simak artikel di bawah ini jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kekhasan dan kealamian air terjun ini. Crew Wisata.id akan mempelajari destinasi wisata alam ini dengan sangat detail.

Air terjun ini merupakan air terjun yang bisa dilihat di Pujon, salah satu kecamatan di Malang. Ini membanggakan perspektif yang bagus karena ketinggiannya 1.135 meter di atas permukaan laut.

Sedangkan air terjun ini tingginya 84 meter, Curahan air terjun ini terbilang deras namun relatif tinggi. Meskipun dapat mencapai 150 L per detik selama musim hujan, keluaran air di musim panas adalah 90 L per detik.

Air terjun ini bersumber dari mata air Cemoro Dudo yang letaknya tidak jauh dari kaki Gunung Kawi. sehingga terasa sangat dingin dan menyegarkan.

Asal Usul Air Terjun coban sewu

Apakah air terjun ini memiliki cerita asal mitos? Ternyata, setiap destinasi wisata, terutama yang bernuansa alam, memiliki kisah supernatural yang unik. Kualitas misterius air terjun ini berasal dari legenda yang memberinya nama. Rondo diberi nama itu untuk suatu tujuan.

Rondo adalah kata Jawa untuk janda, kisah pasangan dan wanita yang tinggal di dekat air terjun menjadi dasar penamaan air terjun tersebut. Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro adalah suami istri.

Pesona Air Terjun Coban Sewu Yang Indah dan Mistis
Foto: instagram

Dewi Anjarwati menyampaikan undangan kepada suaminya untuk mengunjungi rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro delapan hari setelah pernikahan, atau 36 hari kemudian. Jika usia pernikahan belum delapan hari, periksalah kalibrasi; dalam hal ini, pengantin baru tidak bisa pergi terlalu jauh dari rumahnya.

Hal itu juga diungkapkan oleh orang tua suaminya, Raden Baron Kusuma. Pengantin baru memperhatikan nasihat mereka dan mengunjungi orang tua mereka di Gunung Anjasmoro. Mereka berpapasan dengan Joko Lelono saat bepergian, Joko Lelono terpesona dengan daya tarik Dewi Anjarwati.

Raden Baron pun menginstruksikan prajuritnya untuk mewaspadai Dewi Anjarwati agar terhindar dari Joko Lelono. Di sekitar air terjun atau Coban, Dewi Anjarwati bersembunyi.

Setelah mendapatkan istrinya, Raden Baron bertempur dengan Joko Lelono dalam upaya merebutnya. Sayangnya, mereka berdua tewas dalam konflik berikutnya. Dewi Anjarwati kehilangan pasangannya dalam pertempuran setelah mereka berdua tewas. Air terjun ini kemudian dikenal sebagai Air Terjun coban sewu.

Kisah Misterius di Air Terjun coban sewu

Ternyata Coban juga menjadi bahan cerita yang cukup horor, selain mitos asal usulnya yang misterius. Penduduk setempat sering mengakui bahwa mereka sering bertemu dengan seorang wanita cantik.

Hantu-hantu ini sering muncul di bebatuan di bawah ujian,

Mereka biasanya mendengar jeritan wanita selain menyaksikan kehadiran wanita cantik. Pada beberapa malam, ratapan mungkin terdengar.

Penduduk setempat juga mengira Dewi Anjarwati adalah penampakan. Ia menunggu kedatangan suaminya sambil menangis tersedu-sedu. Mereka juga berpikir bahwa batu besar itu dilindungi oleh seseorang.

Masih ada lagi kisah teka-teki di coban sewu, Ada satu lagi kisah fantastis yang dianggap benar oleh penduduk setempat. Menurut legenda, hubungan sepasang kekasih tidak akan langgeng jika melakukan perjalanan atau mengunjungi air terjun ini.

Kutukan Dewi Anjarwati yang iri dengan kebahagiaan pasangan itu menjadi biang keladinya. Candi Prambanan tujuan wisata Yogyakarta adalah subjek dari legenda urban yang sama.

Alamat Lokasi Air Terjun coban sewu

Air terjun ini bisa ditemukan di Jalan coban sewu di Krajan, Pandesari, Pujon, dan Malang Jawa Timur. Kendaraan apapun bisa dengan mudah menuju destinasi wisata ini.

Biaya Tiket Masuk ke Air Terjun coban sewu

Anda akan diminta untuk membeli tiket masuk sebelum memasuki kawasan Coban. Berikut rincian kisaran harga tiket masuk destinasi wisata populer ini: