Makanan

3 Makanan Khas Rantau Prapat

3 Makanan Khas Rantau Prapat

Pergi ke Medan siang hari, mampir sejenak di Rantau Prapat, Tenangkan pikiran, bebaskan diri, Manjakan jantung dengan makanan sehat. Pas banget nih pantunnya, pas banget sekarang mimin and the gang lagi ada di Rantau Prapat dan pastinya hunting kuliner enak-enak disini. Eh tapi jangan gagal fokus ya, mimin tuh di Rantau Prapat yaa guys, bukan di Parapat. Walaupun namanya mirip-mirip tapi beda yaaa guys hahaha. Udah deh min, daripada kebanyakan cingcong, yuk check it out apa aja kuliner-kuliner mantul di Rantau Prapat!

1 . Anyang Buas

anyang buas

Ga jauh beda dengan Anyang Pakis yang mimin rasain di Asahan tempo lalu. Di Rantau Prapat mimin disuguhi makanan sehat lagi dengan nama Anyang Buas. Bedanya kalau di Rantau Prapat, makanan ini bahan dasarnya dari daun-daunan yang namanya Buas-buas. Biasanya daunnya ini hanya digunakan daun yang dari pucuk tanaman Buas-buas. Konon katanya, daunnya ini sangat wangi. Cara membuatnya cukup gampang, pucuk daun buas-buas tinggal dibersihkan dan dicampur dengan rempah-rempah lainnya seperti, bawang, daun serai, jeruk nipis, santan dan garam. Biasanya sih, makanan khas Rantau Prapat yang satu ini, menjadi makanan wajib buka puasa di saat bulan Ramadhan. Tertarik mencoba?

2 . Gulai Asam Ikan Baung

gulai asam ikan baung

Lanjut ke kuliner sedap selanjutnya, ada Gulai Asam Ikan Baung. Ya, dari namanya pasti sohib-sohib kuliner udah bisa tebak rasanya. Asam, pedas, gurih dan asin nya gulai asam ikan baung ini berpadu menjadi satu. Ikan baung adalah ikan yang mirip-mirip dengan ikan patin. Hidup di air tawar atau rawa-rawa. Rasa ikannya ini sangat lembut. Gulai Asam Ikan Baung ini merupakan menu wajib di Rantau Prapat. Konon katanya harga ikan baung sangat mahal, tapi ga mengurungkan niat ibu-ibu disini untuk tetap menyajikan ikan baung sebagai panganan karena emang seenak itu! Untuk harganya sendiri seporsi ikan baung dan nasi putih panas dihargai senilai 40ribuan. Sohib-sohib kuliner harus coba Gulai Asam Ikan Baung ini kalau berkunjung ke daerah Rantau Prapat!

3 . Bolu Kampung Ika La Iya

bolu kampung ika la iya

Lalu, setelah kenyang dan puas menikmati Gulai Asam Ikan Baung, mimin and the gang cari kudapan manis buat pencuci mulut. Ternyata, disini ada Bolu Kampung Ika La Iya yang memang cukup legendaris dan terkenal. Langsung aja mimin cobain. Ingat ga sih pas kecil dulu sering jajan bolu beginian? Rasanya tuh buat kita ingat sama memori masa kecil kita. Bolu yang crunchy di luar dan lembut di dalam, dimakan bersama dengan kopi panas, waduhhh nikmat mana lagi yang kau dustakan saudara?! Hahahaha mimin lebay! Oh iya, Bolu Kampung Ika La Iya ini dikemas di plastik ya, dimana harga satu plastiknya itu 36ribu untuk ukuran 0,4kg. Wajib beli sih buat camilan dan oleh-oleh tanda kita udah berkunjung ke Rantau Prapat!