Aceh

Tugu 0 Kilometer , Wisata Menarik Dengan Edukasi Terbaik

Tugu 0 Kilometer
Sumber : Tripadvisor.co.id

Tugu 0 Kilometer atau dikenal juga dengan Tugu Nol Kilometer Indonesia berdiri tegak di Pulau Weh pulau terjauh di Indonesia. Monumen ini terletak di Provinsi Aceh. Tugu berfungsi sebagai representasi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menandakan titik paling barat bangsa dan membatasi batas negara. Pulau Weh, Sabang menawarkan segudang tempat wisata, dan tujuan khusus ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

Menelusuri Sejarah Tugu 0 Kilometer

Tugu 0 Kilometer Pulau Weh Aceh berdiri pada tanggal 9 September 1997, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Try Sutrisno. Monumen ini terdiri dari tiga komponen utama: patung Garuda Pancasila yang menjulang tinggi, tangga yang luas untuk naik ke puncaknya, dan area sekitarnya yang luas yang ideal untuk mengabadikan foto. Berdiri dengan tinggi sekitar 43,6 meter, Monumen Indonesia pada 0 km di Iboih, Sabang terletak di tepi laut dan menawarkan pemandangan udara yang menakjubkan.

Puncak monumen membanggakan Garuda Pancasila, burung lambang negara Indonesia yang menggenggam perisai menyerupai angka “0”. Pada bagian depan Patung Garuda Pancasila terdapat ukiran “Monumen Nol Kilometer Indonesia Pulau Weh Aceh”. Sedangkan di bagian belakang patung terdapat tulisan “Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Indonesia”. Sebuah plakat peringatan yang terletak di dasar tugu titik nol Indonesia berfungsi sebagai bukti perjuangan heroik mereka yang berjuang dengan gagah berani untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tugu 0 Kilometer
Sumber : Tripadvisor.co.id

Tugu Kilometer 0 yang terletak di Indonesia telah mendapatkan popularitas luar biasa di kalangan wisatawan dan kini menjadi salah satu objek wisata paling dicari di Pulau Weh. Sejumlah besar wisatawan berduyun-duyun ke monumen ini, ingin mengabadikan momen-momen sempurna di sekitar monumen Sabang, menandai tonggak 0 km. Kemegahan laut dapat diamati dengan segala kemegahannya dari atas monumen ini. Tugu Titik Nol Kilometer di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh tidak hanya menjadi tujuan wisata populer, tetapi juga berfungsi sebagai peringatan pedih perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kedaulatannya.

Pentingnya memperjuangkan otonomi dan kebebasan Indonesia secara tajam dimunculkan oleh monumen ini. Tugu Kilometer 0 yang terletak di Iboih, Sabang, Indonesia memiliki keindahan yang menakjubkan dan berbagai fasilitas. Tugu Nol Kilometer Indonesia Sabang Aceh melayani pengunjung dengan fasilitas yang memadai. Tersedia tempat parkir yang luas, memastikan pengunjung dapat dengan mudah memarkir kendaraannya. Selain itu, di dekat monumen terdapat banyak kios makanan dan minuman yang menyediakan tempat yang bagus untuk bersantai bagi pengunjung.

Tugu 0 Kilometer
Sumber : Tripadvisor.co.id

Terletak di titik nol monumen di Sabang, Indonesia, pengunjung dapat mengagumi koleksi patung yang dengan indahnya mewakili keragaman budaya negara yang kaya. Selain itu, situs ini memiliki museum yang menyimpan beragam artefak yang berkaitan dengan sejarah Indonesia. Di Iboih, Sabang, wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan yang terletak berdekatan dengan monumen km 0 Indonesia. Tempat khusus ini menawarkan area yang luas untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut yang indah.

Di Sabang Aceh, Tugu Nol Kilometer Indonesia menawarkan lebih dari sekadar landmark geografis. Di sampingnya, pengunjung dapat menemukan fasilitas yang nyaman seperti toilet dan tempat ibadah. Selain atraksi yang disebutkan di atas, banyak kios cinderamata menghiasi lanskap, menawarkan beragam kenang-kenangan dan dari Sabang Aceh.