KalimantanKalimantan SelatanMakanan

Pembukaan Pasar Ramadhan Banjarmasin

Pasar Wadai Ramadhan 2023 telah dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan

Pemerintah Kota Banjarmasin diĀ Kalimantan Selatan menyelenggarakan Pasar Ramadhan dengan 160 pedagang di daerah Menara Pandang. Pembangunan kios-kios untuk pasar Ramadhan 1444 Hijriah ini dimulai pada tanggal 16 Maret 2023. Dan diperkirakan akan selesai pada hari Senin malam, menurut seorang pekerja di lokasi.

Pembukaan Pasar Ramadhan Banjarmasin - Masih seru untuk ngabuburit dan berburu makanan khas Ramadhan
Pembukaan Pasar Ramadhan Banjarmasin – Masih seru untuk ngabuburit dan berburu makanan khas Ramadhan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, membuka Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin pada tanggal 23 Maret 2023. Pasar ini merupakan cara tradisional bagi masyarakat Banua untuk menyambut bulan suci Ramadan. Gubernur berharap pasar yang sempat ditiadakan tahun lalu karena COVID-19 ini dapat menghadirkan kembali suasana pasar Ramadan. Serta juga akan menawarkan berbagai macam wadai khas Kalimantan Selatan kepada masyarakat.

Sahbirin menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tidak memungut biaya lapak kepada para pedagang atau UMKM yang berjualan di pasar wadai selama bulan Ramadan. Penyediaan stan gratis ini dipandang sebagai bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Gusti Yanuar Noor Rifai, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel, menambahkan bahwa pemerintah menyediakan 105 stan. Dimana stan tersebut menyediakan berbagai macam produk, antara lain kue, makanan, minuman, jajanan khas Banjar, dan stan khusus oleh koperasi untuk pengendalian inflasi yang menjual gula pasir, telur, dan bahan pokok lainnya dengan harga murah.

Penjelasan Gubernur Seputar Pasar Ramadhan

Rifai menjelaskan bahwa Pasar Wadai Ramadan merupakan langkah yang diambil Gubernur untuk mengendalikan inflasi di Banua. Para pedagang di pasar tersebut telah dibekali dengan barcode QRIS oleh Bank Kalsel, sehingga memudahkan transaksi non-tunai bagi para nasabah. Rifai menambahkan bahwa penggunaan QRIS merupakan bagian dari upaya mendorong digitalisasi di kalangan pedagang dan UMKM.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan para seniman dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan hiburan akhir pekan. Yang mana antara lain musik religi, habsy, musik pantun, dan madihin, di panggung utama Siring 0 Km. Hal ini dilakukan untuk menghibur pengunjung sembari mereka berbelanja kue-kue khas Kalimantan Selatan. Lokasi ini dipilih karena merupakan objek wisata yang ikonik dengan pemandangan Siring Martapura dan Menara Pandang yang berada di luar kawasan. Rifai, juru bicara pemerintah, menyampaikan rincian ini.

Pembukaan Pasar Ramadhan Banjarmasin - Lokasi Pasar Wadai Ramadhan 2023 di Siring
Pembukaan Pasar Ramadhan Banjarmasin – Lokasi Pasar Wadai Ramadhan 2023 di Siring

Pada Kamis sore (23/3/2023), Walikota Banjarmasin Ibnu Sina membuka pasar wadai di Menara Pandang Siring, Kota Banjarmasin. Beberapa pejabat hadir, termasuk Wakil Walikota, Kepala Disporabudpar, dan Sekretaris Daerah. Pasar ini menampilkan 145 stan dari asosiasi dan UMKM, serta 12 stan dari perusahaan. Anggota Forum Koordinasi dan Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Banjarmasin dan SKPD juga turut hadir.